Memilih Sepatu Agar Awet Dipakai

Memilih Sepatu Agar Awet Dipakai

Lifestyle

Sepatu menjadi salah satu fashion item yang pasti dimiliki meski hanya satu pasang. Beberapa orang bahkan menjadikan sepatu barang koleksi yang berharga jutaan hingga ratusan juta rupiah. Memiliki fungsi penting sepatu juga berperang dalam menunjang penampilan sesuai keinginan.

Baik sepatu biasa yang dipakai setiap hari, maupun sepatu koleksi yang tersimpan rapi di lemari mestilah dipilih yang tahan lama. Selain bertahan karena kualitasnya juga sesuai dengan gaya Anda dan nyaman dipakai. Beberapa orang hanya memakai sekali sepatu dan tidak menggunakannya lagi karena tidak nyaman, akibatnya sepatu yang dibeli jadi sia-sia.

3 Tips Memilih Sepatu

Berbagai macam jual sepatu bisa ditemukan dengan beraneka pilihan. Agar sepatu Anda tidak sia-sia, penting untuk memperhatikan saat memilih sepatu. Berikut tiga tips yang harus diperhatikan saat membeli sepatu:

  • Membeli sesuai kebutuhan

Tips pertama sebenarnya tips umum dalam berbelanja. Agar tidak boros dan membeli barang yang sia-sia dalam membeli apa pun perlu mempertimbangkan kebutuhan. Dalam membeli sepatu, kebutuhan dapat dilihat dari jenis sepatu. Apa kebutuhan sepatu Anda, bisa sepatu lari, sepatu jalan-jalan saja atau jenis sepatu lainnya.

Jangan memaksa membeli sepatu yang tidak Anda butuh kan hanya karena harganya diskon. Atau jangan memaksa membeli sepatu lari jika Anda tidak suka lari. Sebab jika tidak digunakan sesuai fungsinya akan sia-sia. Sepatu untuk seorang tukang kebun sebaiknya memiliki sol yang tebal dan bergerigi maka tidak berguna Anda memiliki sepatu dengan sol halus dan lunak.

Intinya adalah memilih sesuai kebutuhan sehingga mendapatkan fungsi yang tepat saat Anda gunakan.

  • Perhatikan kualitas

Jika telah menentukan jenis sepatu yang dibutuhkan, selanjutnya memilih sepatu berdasarkan kualitasnya. Lakukan survei merek sepatu yang Anda inginkan dan perhatikan tiap detail sepatu untuk melihat kualitas sepatu. Pada bagian memeriksa kualitas diperlukan ketelitian dan kesabaran agar tidak salah pilih atau bahkan mendapat barang yang buruk atau bahkan terdapat cacat.

Misalkan pada pemilihan sepatu boots atau sepatu berbahan kulit, penting untuk memperhatikan tekstur cat pada kulit. Caranya dengan menyentuh langsung, memastikan tekstur pori-pori. Perhatikan kulit dengan kualitas asli tidak halus dan bersih tanpa cela. Jika Anda menemukan ini bisa jadi itu bahan kulit yang sudah jadi yang sebenarnya kualitasnya rendah.

Memilih sepatu juga penting memperhatikan sol luar, perekat di sepanjang sol dan jahitan. Bagian tersebut penting untuk memastikan sepatu dapat bertahan lama. Pada sneakers, bahan yang digunakan dan kerapian jahitan dapat menjadi tolak ukur sepatu orisinal atau bukan tiruan.

Penting pula memeriksa fleksibilitas sol untuk mendapatkan sepatu yang nyaman dipakai dalam waktu lama. Terutama pada jenis sepatu lari, penting memastikan sol sepatu mampu menahan beban berat tubuh ketika berlari. Terakhir memastikan konstruksi sepatu secara keseluruhan.

  • Memilih sesuai gaya

Ketiga Jangan lupa memilih sepatu sesuai gaya Anda. Memperhatikan jika menggunakan sepatu akan dipadukan dengan pakaian yang Anda miliki. Besar kemungkinan sepatu tidak dipakai karena tidak nyaman dan tidak sesuai gaya. Sebelum memilih Anda dapat melihat koleksi pakaian yang dimiliki barulah memilih sepatu yang dapat dipadukan.

Kecuali Anda ingin mengubah penampilan supaya lebih segar namun perlu dengan keyakinan sesuai dan nyaman bagi diri Anda. Sebab bisa jadi dikemudian hari sepatu Anda malah tidak pernah dipakai karena tidak cocok. .