Main Gawai dengan Cahaya Gelap Buat Mata Kering, Beri Insto Dry Eyes

Main Gawai dengan Cahaya Gelap Buat Mata Kering, Beri Insto Dry Eyes

Lifestyle

Penggunaan gawai seperti ponsel, tablet dan laptop dalam kondisi gelap sangat tak dianjurkan. Hal ini dikarenakan keadaan tersebut bisa merusak kesehatan mata Anda. Salah satu masalah yang sering terjadi karena bermain gawai di kondisi cahaya gelap adalah mata pegel dan cepat lelah.

Bisa Sebabkan Mata Kabur

Bermain gawai sambil berbaring sebelum tidur memang menyenangkan. Namun, bila Anda melakukannya dalam kondisi cahaya yang temaram atau tak stabil seperti ketika berada di mobil yang tengah berjalan, sangat tidak dianjurkan. Hal itu bisa memicu fokus mata yang terganggu dan produksi air mata tak banyak.

Apalagi bila Anda jarang berkedip ketika memainkan gawai. Hal itu akan memicu mata jadi lebih kering dan mata lelah akibat tidak dilumasi air mata. Kalau sudah begini, mata sepet dan kabur bisa Anda alami. Bahkan, mata kabur ini bisa berlangsung dalam keadaan yang cukup lama dan kalau tak segera diatasi, bisa menyebabkan masalah yang lebih parah.

Meskipun tidak dalam cahaya yang gelap, penggunaan gawai terlalu lama tetap sangat tidak dianjurkan. Apalagi untuk anak-anak. Mata perih akan menimpa Anda dengan cepat. Hal itu terjadi karena kurangnya Anda berkedip ketika melihat layar gawai. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membatasi jumlah penggunaan gawai setiap harinya.

Selain penggunaan gawai, sebenarnya masih banyak penyebab mata yang terasa kering ini. Misalnya saja stres, kondisi tubuh yang tak prima akibat kurang tidur, terlalu lama berada di ruangan ber-AC, debu, make up dan masih banyak lagi.

Tanda Mata yang Mulai Kering

Kalau mata sudah terasa kering, ada baiknya Anda melakukan pengobatan. Sebelum mata benar-benar kering, bahkan sudah dianjurkan untuk melakukan pengobatan. Tanda Anda harus melakukan pengobatan secepatnya adalah ketika mata sepet mulai menimpa Anda. Kondisi ini biasanya ditandai rasa tak nyaman dan gatal pada mata.

Selain itu, kondisi mata perih yang diakibatkan ada bagian yang lecet atau luka pada mata juga jadi tandanya. Tanda lain yang harusnya Anda waspadai dan langsung berikan pengobatan adalah mata pegel. Kondisi ini ditandai dengan mata yang terasa tak nyaman, tegang dan sering berkedut.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara mengatasi mata kering akibat penggunaan gawai dan penyebab lainnya sebenarnya mudah saja. Pertama, Anda harus menjauhkan diri dari penyebabnya lebih dulu. Setelah itu, beristirahatlah. Jangan lupa beri mata Anda pelumas agar ia senantiasa lembap. Pelumas yang dimaksud adalah obat tetes mata.

Insto Dry Eyes adalah salah satu obat tetes mata yang bisa Anda gunakan untuk melumasi mata. Obat ini mengandung bahan aktif berupa hydroxypropyl methylcellulose. Ia memiliki komposisi yang mirip dengan air mata dan juga mampu membunuh berbagai bakteri yang ada di mata.

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu meneteskan satu hingga dua tetes pada masing-masing mata. Sensasi dingin akan segera Anda rasakan setelahnya dan dalam hitungan detik, mata Anda akan terasa nyaman dan lebih rileks. Anda bisa melanjutkan aktivitas sebelumnya setelah beristirahat dan mata terasa lebih baik.

Kondisi mata lelah dan kering memang tak menyenangkan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda tak melakukan berbagai hal yang sebabkan mata terasa kering dan tak nyaman. Salah satunya adalah bermain gawai dalam keadaan cahaya yang terlalu gelap dan lama. Kalau mata sudah kering, berikan saja Insto Dry Eyes untuk bantu mengatasinya, ya!