Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Dagu Berikut

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Dagu Berikut

Kesehatan

Jerawat menjadi satu masalah tersendiri bagi penampilan seseorang. Terlebih wanita, satu jerawat saja bisa menurunkan kadar kepercayaan diri yang dimilikinya. Ini bisa terjadi karena banyak faktor, diantaranya adalah karena gaya hidup yang tak sehat. Jerawat di dagu memang menjadi bagian wajah yang kerap menjadi area tumbuh jerawat. Selain karena rentan terkena debu dan kotoran yang mungkin tak sengaja di dapat dari tangan atau makanan.

Jenis-jenis jerawat

  • Komedo tertutup adalah jerawat kecil yang muncul akibat terhalangnya minyak kulit yang kemudian mengeras dan menyumbat pori. Bentuknya kecil dan berwarna putih juga tertutup. Komedo juga kerap muncul di daerah hidung dan dagu.
  • Jerawat hitam (blackhead), berwarna bintik hitam, jerawat yang menjadi hitam karena terpapar udara dan debu atau partikel lain sehingga nampak menjadi gelap. Biasanya jika pori-porinya besar komedo atau jerawat ini muncul dengan sangat mudah.
  • Papula yaitu jerawat padat lunak yang berada di bawah permukaan kulit.
  • Pustula merupakan jerawat merah dengan bintik putih, yang mengalami peradangan yang disebabkan oleh bakteri.
  • Jerawat batu. Terdapat peradangan akibat infeksi, dan berada jauh di permukaan kulit, yang mengganggu penampilan karena ukurannya besar dan menimbulkan rasa sakit.
  • Nodul, atau jerawat yang hampir mirip jerawat batu, terdapat cairan putih yang juga menyebabkan sensasi nyeri dan akan meninggalkan bekas ketika sembuh.

Jerawat di dagu sering muncul juga akibat ketidakseimbangan hormon yang dialami tubuh. Hal ini bisa muncul akibat dari stress yang menekan hormon baik dan memunculkan hormon kortisol yang akibatnya tubuh menjadi rentan terhadap virus, bakteri atau hal lain yang tidak baik bagi kesehatan. Jerawat, bruntusan, dan komedo menjadi permasalahan yang sering muncul.

Gaya hidup juga bisa jadi faktor penyebab lain kemunculannya, seperti kurangnya makanan bervitamin yang dikonsumsi, terlalu banyak memakan makanan yang mengandung lemak , karbohidrat, atau gula tinggi. Belum lagi faktor kurang istirahat karena seringnya begadang. Senyawa kimia tubuh glukokortikoid akan banyak diproduksi ketika tubuh kelelahan dan kurang tidur, ini juga menjadi salah satu penyebab ketidakmaksimalan fungsi kulit dan rentan berjerawat.

Faktor dari luar

Penggunaan produk kecantikan secara tidak wajar. Asal-asalan memilih produk tanpa memperhatikan konsentrasinya dan cara pengaplikasiannya yang salah bisa jadi pemicu munculnya jerawat, termasuk jerawat dagu. Selain salah skincare, Kurang terjaganya kebersihan wajah juga jadi faktor pendukung lainnya. Termasuk juga seringnya memegang dagu dengan tangan yang kotor. Jerawat juga bisa terbentuk dari akumulasi lemak yang tersumbat di pori yang tidak dapat keluar dan Tidak dibersihkan. Akibatnya tubuh melakukan perlawanan mengeluarkannya dengan munculnya jerawat.

Mengatasi jerawat

Sebagai sebuah masalah penampilan, jerawat memang membuat gemas penderitanya. Namun untuk menanganinya Anda tak boleh gegabah. Salah-salah bukannya sembuh jerawat malah makin meradang. Jika dirasa tidak terlalu parah, maka bisa gunakan salep khusus. Jangan menyentuh jerawat langsung dalam keadaan tangan kurang steril ini juga tak baik. Jika sudah makin parah, Anda bisa konsultasikan dengan para ahli agar ditangani dengan baik.

Mencegah terjadinya jerawat di dagu dan bagian wajah lainnya adalah dengan memperhatikan kebersihan wajah. Diantaranya senantiasa membersihkan wajah sesudah ber-makeup, terutama sesaat sebelum tidur, juga gunakan skincare sesuai jenis kulit. Tidak semua skincare itu aman digunakan semua jenis kulit. Ada tipe kulit kering ada tipe kulit berminyak dan sensitif maka diperlukan produk kecantikan yang sesuai jenis nya agar hasilnya maksimal dan tidak menimbulkan jerawat.