Sewa Data Center

Ingin Sewa Data Center? Perhatikan Aspek Penting Ini

Others

Kebutuhan penyimpanan data saat ini semakin meningkat karena didukung oleh digitalisasi era. Perkembangan akses data sangat pesat dan membutuhkan alat penyimpanan yang canggih dengan keamanan dan kapasitas tinggi. Sewa data center adalah solusi tersebut. Ketika ingin menyewa jasa tersebut, perhatikanlah beberapa aspek penting ini.

  1. Lokasi Bangunan

Meskipun penyimpanan data dilakukan melalui jaringan nirkabel, namun tetap ada ruang penyimpanan server dari semua data tersebut. Ruang penyimpanan atau server storage tersebut tetap ada dalam bentuk fisik. Jadi, semua server dari klien atau organisasi yang menyewa ruang penyimpanan akan disimpan dalam rak penyimpanan.

Banyaknya kapasitas server yang harus disimpan tentu diimbangi dengan rak penyimpanan. Hal tersebut menyebabkan perlunya penyediaan lokasi penyimpanan yang aman dan memadai. Anda harus mengetahui lokasi server tersebut dan memastikan bangunannya kokoh dan mudah diakses. Lokasi yang strategis juga perlu jika membutuhkan penanganan.

  1. Standardisasi Tata Kelola

Selain lokasi bangunan penyimpanan data, Anda juga harus memperhatikan standardisasi tata kelola. Sistem tata kelola yang diterapkan oleh jasa sewa pusat data memang harus diperhatikan demi keberlanjutan keamanan dan keutuhan data. Komunikasi dan akses data juga akan terjamin apabila sistem dikelola dengan baik.

Pengelolaan sistem harus lolos uji standardisasi untuk membuktikan kualitas sistem. Dalam sistem tata kelola, terdapat beberapa standar meliputi standar prosedur operasional, standar prosedur perawatan, standar serta rencana pemulihan risiko bencana, dan standar jaminan keberlanjutan bisnis.

  1. Sistem Tata Udara

Ruang penyimpanan sangat membutuhkan sistem tata udara yang baik demi keamanan selama penyimpanan. Ruangan penyimpanan data diharapkan mempunyai suhu ruangan yang normal, yaitu tidak terlalu panas atau dingin karena suhu lingkungan. Jadi, diharapkan terdapat pengaturan suhu agar tetap normal.

Dalam ruang data center, umumnya terdapat sistem pendingin ruangan yang sangat berguna untuk menjaga kestabilan suhu ruang. Hal ini dikarenakan ruangan sangat panas akibat mesin penyimpanan yang terus menerus bekerja tanpa dimatikan. Penempatan rak juga diberi jarak tertentu agar terdapat ruang udara di antaranya. Hal ini dilakukan agar mesin tetap handal.

  1. Sistem Monitoring

Tahukah Anda seberapa pentingnya sistem monitoring dalam pusat data? Monitoring atau pengawasan tentu saja sangat diperlukan demi kelancaran proses penyimpanan dan pengaksesan data. Karenanya, Anda  harus memperhatikan aspek sistem monitoring yang diterapkan oleh pihak penyedia layanan pusat data.

Dalam pelaksanaan sistem monitoring, diharapkan suatu pihak jasa melakukannya secara komprehensif. Pengawasan yang baik dilakukan secara terpadu dan menyeluruh, mulai dari pengawasan operasional sistem, pengawasan fisik, pengawasan lingkungan, sampai pada pengawasan terhadap perawatan dan perbaikan sistem.

  1. Sistem Keamanan

Sistem keamanan adalah aspek penting selanjutnya yang harus diperhatikan. Aspek ini tak hanya berkaitan dengan keutuhan data, namun juga berkaitan dengan kerahasiaan data. Oleh karena itu, Anda harus memastikan sistem keamanan yang diterapkan oleh pusat data yang bersangkutan. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui sistem keamanannya.

Referensi pengetahuan mengenai sistem keamanan data harus diketahui juga. Anda harus memastikan keamanan dari segi fisik, lingkungan, dan sistem. Keamanan fisik terkait dengan lokasi, keamanan lingkungan terkait dengan keadaan sekitar lokasi penyimpanan, dan keamanan sistem merupakan sistem pengaman data menggunakan suatu teknologi.

Itulah beberapa aspek penting yang harus Anda perhatikan demi mendapatkan data center terbaik. Lintasarta sangat direkomendasikan sebagai layanan penyimpanan data terpercaya. Mengapa demikian? Sebagai pusat data, Lintasarta sudah terstandardisasi dengan layanan optimal dalam memberikan ruang penyimpanan dan sistem komunikasi data canggih.