Komponen yang Dirawat Bengkel kaki-Kaki Mobil

6 Komponen yang Dirawat Bengkel kaki-Kaki Mobil

Others

Sama seperti manusia, kaki pada mobil menentukan gerakan mobil saat dikendarai. Kaki mobil yang terawat dapat mengangkut beban yang ada di atasnya.

Kondisi jalanan yang tidak rata bahkan cenderung berlubang, sering menyebabkan kaki –kaki mobil rusak. komponen yang rusak dapat membahayakan pengemudi dan penumpang mobil nantinya.

Saat anda melakukan perawatan kaki-kaki mobil. 6 hal inilah yang harus diperhatikan.

  • Karet bushing arm

Ini merupakan salah satu komponen yang diperiksa saat anda melakukan servis kaki kaki mobil. Komponen ini memiliki fungsi menjaga gerakan naik dan turunnya ban mobil pada bagian As roda.

Jika anda akan mendengar bunyi pada bagian bawah mobil, saat melewati jalanan yang rusak, berarti Karet bushing arm mobil anda telah rusak. ini akan membahayakan saat harus melewati jalan berlobang.

Montir mobil akan melakukan pemeriksaan dengan cara memutarkan setri mobil ke arah kanan dan kiri. Lalu dilihat pada bagian ujung as roda mobil, ada bahan karet berwarna hitam, jika komponen ini retak berati sudah saatnya diganti.

  • Ball joint

Komponen ini memiliki fungsi sebagai sumbu bagi lower arm atau lebih dikenal dengan sebutan As mobil. Bagian ini dapat menjaga kedudukan as roda saat setir dibelokkan. Ini menjadi bagian yang diperiksa di bengkel kaki kaki mobil.

Untuk melakukan pemeriksaan pada bagian ini, montir mobil akan mengangkat roda dengan dongkrak. Selanjutnya ban akan ditekan ke arah atas dan ke arah bawah awah. Saat ini dilakukan harus dipastikan tidak ada bunyi yang keluar.

Ban juga tidak boleh bergerak ke atas dan ke bawah dengan jarak terlalu jauh. Segera ganti komponen ini dengan yang baru. Jika terdengar bunyi berderit dari komponen yang satu ini, menandakan kerusakan.

  • Tie rod dan long tie rod

Fungsi dari bagian ini adalah meneruskan gerakan setir ke bagian ban. Komponen ini berbentuk besi panjang yang mengait pada tuas dan ban. Besi ini merupakan bagian penting yang mengatur arah ban mobil.

Ini menjadi komponen ketiga yang diperiksa saat servis kaki-Kaki Mobil. Cara melakukan pemeriksaan dengan mengangkat bagian bawah mobil menggunakan dongkrak hingga tie rot terlihat.

Lalu belokkan ban menggunakan tangan ke arah kanan dan kiri, persis seperti saat mobil akan berbelok. Jika terdengar bunyi gesekan atau bunyi seperti beradu, berarti Tie rod dan long tie rod anda mengalami gangguan.

  • Shock breaker

Sesuai dengan namanya komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk menahan tekanan yang datang. Sehingga mobil tidak tergoncang terlalu keras karena sudah ditahan oleh Shock breaker mobil.

Untuk mengetahui Shock breaker masih berfungsi bagus atau tidak, perlu dilakukan test melalui jalan yang buruk. Apakah terdengan bunyi yang tidak biasa atau terjadi guncangan yang keras pada mobil.

Montir Bengkel kaki-Kaki Mobil juga akan melihat langsung pada bagian ini. Apakah terdapat rembesan atau bocoran dari Shock breaker. Komponen ini bisa ditemukan di antara bagian fander dan ban mobil.

  • Bearing roda

Komponen ini bisa rusak karena usia pemakaian yang lama. Mobil yang digunakan jarak jauh mudah mengami kerusakan pada bagian ini. Montir akan melakukan pemeriksaan dengan cara mengangkat mobil lalu memutar ban serah jarum jam.

jika mengeluarkan suara berderit maka bagian ini sudah rusak. kerusakan juga bisa dideteksi saat mobil dikendarai akan terdengar mendengung pada bagian roda. Bertambah kencang putaran maka suara dengungan akan semakin kencang.

  • Velg dan ban

Kerusakan pada bagian velg akan terlihat saat mobil berlari kencang maka setir akan bergetar. Ini terjadi karena permukaan velg sudah tidak rata lagi. Mungkin bengkok atau penyok. Bagian ini harus segera diganti.

Pemeriksaan ban dapat dilakukan dengan melihat langsung, memperhatikan kembang dan lajur yang ada pada ban tersebut. Permukaan ban haruslah mulus dan elastis, tidak ada bagian-bagian yang retak.

Kondisi kaki yang baik akan membuat kendaraan menjadi nyaman dan aman. Mobil sebagai aset yang juga sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Memang harus mendapatkan perawatan khusus. Lakukan servis kaki-Kaki Mobil dengan teratur.