5 Ciri Ideal Perkembangan Anak Usia 4 Tahun

5 Ciri  Ideal Perkembangan Anak Usia 4 Tahun

Parenting

Usia empat tahun ini mulai memasuki dunia yang lebih luas. Ia mulai mampu menyelesaikan tugas yang dibuat dari keputusannya sendiri. Usia anak-anak seperti: selalu ingin bersama sang ibu serta takut akan tempat dan orang  asing akan ia tinggalkan. Selain ciri-ciri tersebut, terdapat ciri  ideal lain pada perkembangan anak usia 4 tahun. Berikut uraiannya!

  1. Perkembangan Aspek Kognitif

Usia empat tahun memiliki perkembangan kognitif yang cukup pesat. Ia mulai belajar berhitung, mengenal bentuk, warna dan nama-nama benda di sekitarnya. Mulai cakap mempelajari huruf sehingga mudah  untuk belajar menulis dan membaca. Pengenalannya terhadap perbedaan bentuk juga akan sering menggambar bentuk aneh dan hanya ia yang tahu.

  1. Perkembangan Aspek Emosional

Anak mulai meminta sesuatu yang diinginkannya tanpa melihat tempat dan waktu kapan ia harus meminta. Ia juga belum memahami bahwa apapun yang diminta tak selalu bisa dipenuhi. Anak juga mulai bisa berbaur dengan orang lain dan ditinggal sendiri waktu sekolah. Ia akan menunggu orang tuanya menjemput di sore hari. Maka ia tak akan menangis selama ditinggal.

Mulai memiliki rasa empati seperti sedih saat peliharaannya mati. Namun ia tak tahu jika yang sudah mati tak dapat hidup kembali. Peristiwa ini akan mengajarkannya pula ada tanggapan yang berbeda dari orang lain dengan melihat situasi yang sama dengan yang ia lihat. Hal ini juga membantunya mengatur emosi yang timbul dengan cara membicarakannya.

  1. Perkembangan Aspek Fisik

Perkembangan fisik disertai motoriknya ini dapat menunjukkan usia 4 tahun mulai berfungsi optimal. Ia dapat berjalan naik turun tangga tanpa dibantu atau digandeng. Ia mulai lincah saat menghindari sesuatu yang menghalanginya ketika berlari atau berjalan. Ia mulai mengasah otaknya seperti mengambil kursi dan menumpanginya untuk pijakan dalam mengambil barang.

  1. Kemampuan Aspek Bahasa

Anak empat tahun sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana secara tepat dan mantap. Ia juga sudah mulai bercerita tentang pengalamannya bahkan mengarang cerita versinya sendiri. Mulai mahir menyanyikan lagu dan dari sini ia mengetahui kosa kata yang tepat. Kosa kata yang dipahami dapat diterapkan dengan tepat dalam kegiatan sehari-harinya.

  1. Kemampuan Aspek Sosial

Kemampuan ini beriringan dengan kemampuan emosionalnya. Ia mulai berbaur dan bekerja sama dengan teman-temannya. Suka mengeksplor hal-hal baru yang menjadikannya lebih suka bermain bersama teman daripada bermain sendirian. Hal ini akan memancingnya untuk membicarakan kepada teman akan hal yang  ia sukai saat bermain dan yang tidak disukainya.

Itulah beberapa ciri ideal dalam berbagai aspek perkembangan anak usia 4 tahun yang perlu diketahui. Namun ciri tersebut tak bisa dijadikan patokan umum karena setiap anak dilahirkan memiliki karakter masing-masing yang unik. Ciri di atas hanya sebagai pengetahuan umum yang bisa dijadikan panduan untuk orang tua dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak.